Search

Content

Minggu, 12 Februari 2012

Membantu Manajemen Keuangan Usaha dengan Software Akuntansi Laporan Keuangan Terbaik




Dari sepuluh pintu rezeki, sembilan pintu rezeki itu berasal dari perniagaan atau perdagangan. Jadi sebaiknya profesi apapun saat ini yang kita geluti berusahalah untuk mempunyai satu usaha milik kita sendiri. Janganlah dilihat besar kecilnya omset, tapi proses pembelajaran berdagang inilah yang harus kita perhatikan.

Kebanyakan dari kita, ketika berbicara tentang manajemen keuangan keluarga yang menjadi pusat perhatian ketika gaji kita terasa kurang, maka yang dilakukan adalah dengan menghemat pengeluaran. Tidak salah, bahkan dianjurkan bagi kita untuk hidup sederhana. Nabi Muhammad adalah orang yang kaya, tapi beliau tetap sederhana. Sahabat Nabi Abu Bakar, ketika suatu saat ditanya tentang infaq, beliau dengan tegas mengatakan bahwa semua harta bendanya diinfaqkan seluruhnya, cukup baginya Allah dan Rasulnya, apakah setelah itu Abu Bakar miskin ? Tidak. Inilah yang membuat Umar sekali lagi dikalahkan Abu Bakar, padahal Umar sebelumya mengatakan bahwa separuh hartanya diinfaqkan. 

Jadi apakah kita hidup sederhana karena tuntutan ataukah kemauan ? karena hasilnya akan berbeda. Saya melihat kisah kedua sahabat nabi diatas, yang tetap hidup sederhana dan dengan gampangnya menginfaqkan hartanya, bukan hanya sekedar perbuatan gila yang tidak masuk akal, yang secara logika orang pasti berfikir ketika semua hartanya diinfaqkan maka dia akan jatuh miskin. Tidak, Abu Bakar dan Umar menunjukkan hal itu, selain karena sudah janji Allah bahwa sedekah akan dilipat gandakan, juga karena Abu Bakar dan Umar yakin akan kemampuannya untuk kembali mengembalikan kekayaannya dengan skill yang dimiliki. Sebuah tingkat percaya diri dan keimanan yang sangat tinggi tentunya.
Sekarang apakah kita bisa begitu ? akan makan apa saya nantinya ? akan tinggal dimana saya nantinya..dsb. Kalau Iman sih punya, tapiiii!!.  Jadi karena itulah pentingnya skill bagi kita untuk mengumpulkan harta yang halal tentu saja jika hanya mengandalkan bekerja kita pasti dituduh korupsi. Masak baru beberapa tahun bekerja sudah bisa beli rumah atau mobil atau yang lainnya? Saya jadi teringat Seorang Gayus yang sangat terkenal, sampai-sampai saya dapat cerita di Jakarta jika angkot sampai dekat kantor Gayus, si Abang kernet bilang, "gayus-gayus..siapa yang mau turun di Gayus ?"

Percayalah, mulai usaha dari sekarang. Sedikit demi sedikit sampai akhirnya ini akan menjadi skill bagi kita. Jangan langsung berfikiran untung besar, ini justru berbahaya. Karena kita perlu waktu untuk belajar dan membiasakan. Saya percaya dengan salah seorang pakar NLP yang pernah dialog dengan saya. Inti dari bisnis itu bukan kaya mendadak, tapi proses menjadi kaya itu yang penting. Sunatullohnya dengan kita belajar sedikit demi sedikit, sama seperti pembiasaan beribadah kita yang Alloh lebih menyukai ibadah yang sedikit tapi rutin, dibanding ibadah yang banyak tapi bertahan cuma satu dua kali saja. Ternyata ketika kita sedang memulai itu, tubuh kitapun sedang mulai menyesuaikan dengan aktifitas baru kita, awalnya sangat berat. Memang begitu prosesnya, secara otomatis tubuh kita akan berontak ketika kita memulai sebuah kebiasaan baru. Seperti ketika kita baru awal belajar menunaikan sholat lima waktu, amat sulit awalnya, ada saja alasannya. Tapi ketika kita terus berusaha melwan kebiasaan lama kita, sampai kemudian kita sholat lima waktu, maka ketika kita tidak sholat tubuh kita akan bereaksi. Ya Sholat sudah menjadi karakter kita, ketika kita tidak melakukannya maka rasa tidak nyaman akan bereaksi. Inilah yang kita hadapi ketika awal mula memulai usaha, awalnya sulit tapi lama kelamaan akan terbiasa.

Dan ini rahasia terhebatnya, tahukah anda jika kita sudah sampai pada level tertentu usaha kita, yang usaha itu kita mulai dari nol dan kita terus belajar. Ketika tiba-tiba kita bangkrut, maka kita dapat dengan cepat mengembalikan kondisi seperti semula saat anda belum bangkrut. Hebat bukan ? Karena itu mulailah usaha.

Memisahkan Manajemen Keuangan Keluarga dengan Keuangan Usaha

Satu hal yang ingin saya tambahkan disini, dan ini sangat krusial, sekecil apapun usaha anda mulailah pisahkan keuangannya dengan keuangan keluarga. "Tapi gaji saya kurang, jadinya kadang saya ambil juga modal usaha"...saran saya, bolehlan untuk awal, tapi tetap diingat semua transaksi harus "dicatat". Kemudian jika cas flow sudah mulai lancar, usahakan lakukan pencatatan dengan software akuntansi, kenapa ? karena dengan software ini kita sangat terbantu untuk melihat transaksi keuangan secara lebih detail. Nantinya ini akan sangat bermanfaat untuk mengambil keputusan kedepan, akan usaha ini bisa kita kembangkan lebih jauh atau cukup pada level tertentu saja, dan yang terpenting piutang anda juga menjadi tidak terlewatkan, karena kadang kita tidak memperhatikan hal ini. Itulah mengapa kita membutuhkan Software Akuntansi Laporan Keuangan Terbaik. Tidak harus mahal karena sudah ada yang terjangkau harganya.

Salah satu software Akuntansi laporan keuangan terbaik yang saya rekomendasikan adalah Zahir Accounting. Saya mengenal software ini cukup lama. Banyak memang software luar negri, tapi kita akan cukup kesulitan menerapkannya di Indonesia. Apakah masih berniat menginstal Software bajakan ? saya sangat melarang keras hal ini, takutnya usaha anda menjadi tidak berkah.
Kenapa saya menyarankan Zahir Accounting ? Yang pertama adalah harganya yang terjangkau, selain itu anda tidak selalu harus membelinya. Disediakan paket sewa, dengan nama Zahir Merdeka berupa voucer sewa bulanan dengan harga yang sangat terjangkau. Kemudian yang paling penting adalah adanya support system sebuah layanan purna jual yang sangat diharapkan untuk sebuah software. Itulah alasan kenapa saya merekomendasikan Zahir sebagai Software Akuntansi Laporan Keuangan Terbaik. Silahkan jika ingin melihat contoh laporan keuangan. atau bisa download Software demonya disini.

Contoh Grafik Analisa Terpadu Dari Zahir Accounting


Kebutuhan untuk melakukan manajemen keuangan menggunakan bantuan software akuntansi laporan keuangan terbaik menjadi sebuah kebutuhan penting, bukan hanya terkait untung rugi saja atau analisa usaha. Tapi yang lebih penting dari itu adalah, kita bisa menghitung dengan detail kewajiban zakat kita. Ingat kewajiban (bukan sunah) jadi kalau tidak tertunaikan kita bisa berdosa. Kemudian adalah hutang piutang kita, jika hutang dan tidak terbayar maka hutang ini akan menghalangi kita masuk surga, bahkan mati syahidpun terhalangi oleh hutang ini. Dengan adanya bantuan dari software akuntansi laporan keuangan terbaik kita berikhtiar sebaik mungkin agar harta yang kita terima nantinya barokah.








1 komentar:

Achmad Aria Wiraharja says:
at: 16 Februari 2012 22.24 mengatakan...

wah ikut lomba seo software akuntansi laporan keuangan terbaik ya bang :)

Posting Komentar

Entri Populer Pekan Ini

Connect With Me

Google+ Badge

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat

Translate

Tulisan Terbaru

Arsip Blog

Berlangganan Artikel

Member of :