Search

Content

Minggu, 12 Juni 2011

Status Dieng Waspada Level 2, Pengungsi Boleh Kembali


BANJARNEGARA - Rekomendasi dari BMKG bahwa status Bencana Gas Beracun Kawah Timbang, Batur, Dieng dinyatakan turun dari status Siaga level 3 menjadi Waspada Level 2. Tekanan Gas CO2, pada Sabtu (11/6/2011) tercatat turun dari 0,73 menjadi 0,52 % Volume.

Radius aman ditetapkan dari semula 1 km menjadi 500 m. Pengungsi sudah diperbolehkan pulang kerumah masing-masing, namun tetap harus waspada jika melakukan penggalian tanah dengan kedalaman 1 m, dikuatirkan akan ada gas CO2 yang keluar.

Sejak 30 Mei, saat status Kawah Timbang dinyatakan siaga level 3, Tim Rescue PKPU sudah berada dilokasi bencana. Melakukan Emergency Response dengan menurunkan tim asesment, pengiriman logistik, membantu evakuasi warga, melakukan pengobatan, mendirikan posko dapur air, serta trauma healing terhadap pengungsi.

Berdasarkan hasil rapat antara pemerintah daerah, Elemen BNPB dan SAR pemerintah serta seluruh NGO yang tergabung dalam posko induk bencana gas beracun Kawah Timbang, Ditetapkan bahwa status tanggap darurat berakhir tanggal 16 Juni 2011, dan mulai Sabtu (11/6/2011) pengungsi mulai dipulangkan serta dilakukan recovery pasca bencana.

Terima kasih kepada para dermawan, donatur, masyarakat dan relawan yang bahu membahu bersama PKPU membantu warga Batur. Tim PKPU yang turun langsung ke lokasi mendapat titipan salam, doa dan terima kasih dari masyarakat Batur, untuk semua yang telah membantu para pengungsi. (PKPU/Indra/Purwokerto)

Dimuat di : http://www.pkpu.or.id/news/status-dieng-waspada-level-2-pengungsi-boleh-kembali



0 komentar:

Posting Komentar

Entri Populer Pekan Ini

Connect With Me

Google+ Badge

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat

Translate

Tulisan Terbaru

Arsip Blog

Berlangganan Artikel

Member of :