Search

Content

Rabu, 01 Juni 2011

Warga Dievakuasi, PKPU Kirim logistik Gelombang Kedua

 

BANJARNEGARA - Hari Selasa (31/5/2011) warga empat desa yakni Desa Serang, Simbar, Sumber dan Desa Batur dievakuasi menyusul status siaga tiga yang ditetapkan BMKG. Hal itu disebabkan konsentrasi di bawah Gunung Dieng, Kawah Timbang masih tinggi, untuk antisipasi aktifitas gas di permukaan terhadap warga di 4 dusun tersebut.

Karena dilihat di sekitar dusun tersebut terdapat rekahan. Lokasi pengungsian meliputi Balai Desa Batur, SMAN 1 Batur, Kantor DIKNAS Batur dan beberapa tersebar dilokasi rumah-rumah penduduk Desa Batur dengan total pengungsi yang terdata sejumlah 739 orang pada Selasa (31/5/2011) sampai pukul 20.00 WIB.

PKPU kembali mengirimkan tim untuk membantu posko induk yang terdiri dari gabungan elemen pemerintah dan LSM. Selain itu juga membawa logistik berupa mie instan, bubur bayi, gula, kopi, jahe instan. Kondisi lokasi yang berada di ketinggian 1600 m diatas permukaan, membuat suhu sangat dingin saat malam hari.

Didapati ada beberapa pengungsi yang sakit namun secara umum kondisi pengungsi masih dalam kondisi sehat. “Alhamdulillah, kita dalam kondisi sehat, cuma masih takut apalagi ada hari sabtu kemarinn sempat diguncang gempa 6 kali, gempanya tidak goyang kekiri kanan, tapi terasa seperti naik turun,” kata salah seorang warga dilokasi pengungsian.

Yang paling harus diwaspadai adalah gas CO2 yang muncul dari rekahan tanah, pada tahun 1979 lebih dari 100 warga meninggal akibat keracunan gas CO2, untuk mengatasi situasi terburuk petugas sudah melakukan pemetaan jalur evakuasi yang aman bagi warga yang tinggal satu kilometer dari kawasan Kawah Timbang.

Kondisi terakhir situasi masih stabil dan terkendali, tim pengamat rescue dan relawan lain masih tetap waspada hanya logistik yang perlu ditambah, terutama makanan instan dan minuman yang dapat menghangatkan badan

Bantuan dalam bentuk dana maupun logistik bisa disalurkan melalui PKPU Pusat, Telp 87780015, 08041002000 (pulsa lokal), atau dapat menghubungi PKPU KCP Purwokerto Jl Letjen Pol Soemarto RT 003/01 Purwanegara, Telp 0281-7958080, transfer rekening BMI Cabang Purwokerto No. 0000783127 a.n PKPU atau BNI Cabang Purwokerto Nomor 0216318746 a.n PKPU (PKPU/Indra/Purwokerto)

Dimuat di http : //www.pkpu.or.id/news/warga-dievakuasi-pkpu-kirim-logistik-gelombang-kedua

0 komentar:

Posting Komentar

Entri Populer Pekan Ini

Connect With Me

Google+ Badge

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat

Translate

Tulisan Terbaru

Arsip Blog

Berlangganan Artikel

Member of :