Search

Content

Sabtu, 07 Mei 2011

Beberapa Istilah dalam program Pendayagunaan (empowering)


Dalam dunia pelaksanaan program, kita mengenal bebrapa istilah, speerti di bawah ini, semoga tulisan ringkas ini bermanfaat untuk kita semua. Bila ada perbedaan persfektif silahkan didiskusikan di forum ini:

1. Input (masukan) adalah sumber daya yang digunakan untuk memberikan layanan. Input merupakan tolok ukur kinerja berdasarkan tingkat/besaran sumber daya, SDM, material, waktu, teknologi dsb yang digunakan untuk melaksanakan program dan atau kegiatan. Indikator input meliputi biaya personil, biaya operasional, biaya modal dll. 
Contoh-contoh: 
a. rupiah yang dibelanjakan untuk peralatan;
b .jumlah jam kerja pegawai yang dibebankan; 
c. biaya-biaya fasilitas;
d.ongkos sewa; 
e. jumlah waktu kerja pegawai.



2. Output (luaran) adalah produk dari suatu kegiatan yang dihasilkan satuan kerja perangkat daerah. Output adalah tolok ukur kinerja berdasarkan produk (barang dan jasa) yang dihasilkan dari program atau kegiatan sesuai dengan masukan yang digunakan. 
Contoh: 
  • jumlah izin yang dikeluarkan; 
  • jumlah panjang jalan yang diperbaiki; 
  • jumlah orang yang dilatih; 
  • jumlah kasus yang dikelola; 
  • jumlah dokumen yang diproses
  • jumlah klien yang dilayani.

3. Outcome (hasil) adalah menggambarkan hasil nyata dari luaran (output) suatu kegiatan. Outcome merupakan ukuran kinerja dari suatu program dalam memenuhi sasarannya. Outcome digunakan untuk menentukan seberapa jauh tujuan dari setiap fungsi utama, yang dicapai dari output suatu aktivitas (produk atau jasa) telah memenuhi keinginan masyarakat yang dituju. Outcome adalah tolok ukur kinerja berdasarkan tingkat keberhasilan yang dapat dicapai berdasarkan keluaran program atau kegiatan yang sudah dilaksanakan. 
Contoh, jumlah bibit unggul yang dihasilkan dari suatu kegiatan adalah output, sedangkan besar produksi padi/ha adalah outcome.



4. Benefit adalah tolok ukur kinerja berdasarkan tingkat kemanfaatan yang dapat dirasakan sebagai nilai tambah bagi masyarakat, stakeholders, Pemda, institusi dll dari hasil.



5. Impact (dampak) adalah tolok ukur kinerja berdasarkan dampaknya terhadap kondisi makro yang ingin dicapai dari manfaat.


Catatan: di ambil dari berbagai sumber.
Tulisan : 
Ahmad Firdaus
Education Program Manager
PKPU, Lembaga Kemanusiaan Nasional 

0 komentar:

Posting Komentar

Entri Populer Pekan Ini

Connect With Me

Google+ Badge

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat

Translate

Tulisan Terbaru

Arsip Blog

Berlangganan Artikel

Member of :