Search

Content

Rabu, 08 Juni 2011

Informasi Terkini Bencana Kawah Timbang Batur Banjarnegara

 Barak Pengungsi di Balai Desa Batur

PURWOKERTO - Rabu pagi (8/6/2011), Tim Rescue PKPU kembali memberangkatkan tim keempat ke lokasi bencana Kawah Timbang di Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara. Tim yang diberangkatkan langsung dari Purwokerto dan beranggotakan 5 orang tersebut dipimpin langsung oleh Indra Budi Legowo.

Untuk 3 hari kedepan, PKPU akan melaksanakan beberapa kegiatan antar lain trauma healing bersama badut PKPU, pemutaran film edukasi, pembuatan taman bacaan, dan pembuatan posko dapur air di lokasi pengungsian.

“Kami bisa memahami bila para pengungsi sudah merasa bosan tinggal cukup lama di lokasi pengungsian. Karena itu, kami sengaja memilih kegiatan yang ringan tapi dibutuhkan untuk menghibur pengungsi sekaligus menghilangkan rasa bosan mereka,” kata Indra begitu tiba di lokasi pengungsian pukul 11.00 WIB. Hari ini, lanjut Indra, PKPU membawa beberapa dus berisi buku bacaan dan logistik berupa persediaan untuk sarana dapur air di lokasi pengungsian.

Saat berita ini ditulis, status Kawah Timbang masih siaga. Setelah sehari sebelumnya sempat mengalami peningkatan, aktifitas kawah mulai mengalami penurunan. Konsentrasi CO2 juga mengalami penurunan hingga pada angka 1,07 %.

Saat bertemu dengan warga di Diusun Simbar, didapat informasi bahwa sudah dua hari ini asap putih yang keluar dari Kawah Timbang sudah tidak terlihat.Walaupun demikian, Pihak PVMBG belum menurunkan status kawah timbang.

Sementara di posko pengungsian, kondisi pengungsi masih terlihat lelah. Raut bosan amat sangat terlihat di wajah setiap pengungsi. Kondisi fisik yang mulai melemah pun membuat banyak diantara mereka yang memeriksakan kesehatannya di posko layanan kesehatan. 

Sesuai rencana, Tim PKPU akan dibagi 2 group. Group pertama sebanyak 2 orang akan ditugaskan untuk diperbantukan sebagai tenaga medis, dan 2 orang lagi untuk Trauma Healing dan Pemutaran Film. Tim PKPU di lapangan akan terus mengupdate informasi kepada masyarakat terkait kondisi yang terjadi di Gunung Dieng. (PKPU/Priambodo/Purwokerto)

0 komentar:

Posting Komentar

Entri Populer Pekan Ini

Connect With Me

Google+ Badge

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat

Translate

Tulisan Terbaru

Arsip Blog

Berlangganan Artikel

Member of :