Search

Content

Minggu, 14 Agustus 2011

Pemecahan Rekor MURI BBY PKPU....Membuka Babak Baru Dunia Charity



Hari ini,14 Agustus 2011 PKPU,Lembaga Kemanusiaan Nasional sekali telah memecahkan rekor MURI. Dengan tajuk Belanja Bareng Yatim (BBY), PKPU bersama 3.333 anak yatim yang tersebar di 24 titik di Indonesia. Melalui program ini setiap anak yatim dan dhuafa dipersilahkan memilih barang belanjaan yang disukai dan dibutuhkan, momen yang sangat langka bagi mereka. Beberapa pejabat baik dari Instansi maupun corporate dan media nampak hadir dalam acara pembukaan, sebut saja Mensos Salim Segaf, Chairul tandjung  Presiden Komisaris PT Carrefour Indonesia, dan tak lupa Jaya Suprana dari MURI. 

Ternyata acara BBY ini selain memecahkan REKOR MURI sebenarnya juga memecahkan REKOR dunia. Bagi saya, ada beberapa point penting dari acara BBY hari ini.
  1. Bagi saudara kita,tentu menjadi kebahagiaan tersendiri bisa memilih barang kebutuhan saat menjelang lebaran,apalagi mayoritas adalah Yatim yang tidak berada di panti asuhan. Inspirasi hari ini secara tidak langsung akan mempengaruhi proses pendewasaan mereka di masa yang akan datang Harapannya mereka tumbuh dengan keyakinan akan masa depan, bahwa masih banyak saudara mereka yang peduli.
  2. Bagi kami, saya terutama dengan keterlibatan donatur sebagai bagian pendamping, belanja yang dilakukan anak yatim ini bukan mengajarkan konsumerisme, tapi lebih pada perasaan cinta yang tertaut. Saya meihat sendiri bagaimana seorang donatur dengan telaten memilihkan barang, menyebutkan manfaatnya sampai kemudian mengancingkan baju yang akan dibeli dengan senyum ceria seolah mereka adalah bagian dari keluarga. Disambut dengan binar bola mata yang tertaut dalam bahasa kepercayaan dan spirit pengharapan. Inilah cinta yang mampu merubah sejarah,k arena saya yakin setelah ini kepercayaan dan empati mereka akan lebih tinggi.
  3. Dalam dunia Charity,media merupakan partner penting. Media akan mempublish kegiatan yang berefek tersampaikannya  tanggung jawab sosial lembaga. Baik kepada donatur maupun masyarakat luas,bahwa dana yang selama ini disumbangkan beul-betul dimanfaat untuk memberdayakan dan tepat sasaran. Pada BBY kali ini,PKPU mampu membuat hampir semua media baik cetak maupun elektronik meliput  kegiatan BBY ini, yang lebih dahsyat tidakhanya di media nasional,tapi juga media lokal tempat terselenggaranya acara. Sebut saja media yang sudah mengeluarkan release serempak hari ini :
     4. Disiarkan secara live streaming di http://pkpu.tv/bby/  sebuah terobosan baru dari pkpu,semua donatur di seluruh pelosok dunia bisa menyaksikan secara langsung prosesi BBY ini..sangat mendekatkan

Dari keempat poin yang saya sampaikan diatas bisa dirangkum dengan sebuah kata kunci, "charity yang mendekatkan". Donatur ikut terlibat langsung, masifnya ekspos media, dan acuntability program yang sangat bagus karena bisa disaksikan secara langsung melalui live streaming.

Jempol buat TIM PKPU diseluruh pelosok nusantara, kita lihat ini akan menjadi inspirasi bagi lembaga-lembaga charity yang lain.

* catatan pojok :

Lokasi Pelaksanaan BBY PKPU di 24 Titik bersamaan se-Indonesia: 

1. Jakarta Pusat: Carrefour Cempaka Putih
2. Jakarta Selatan 1:  Carrefour MT Haryono
3. Jakarta Selatan 2: Carrefour Lebak Bulus
4. Jakarta Selatan 3: Carrefour Blok M Square
5. Bekasi: Giant Hyper Mall Bekasi
6. Depok: Carrefour ITC Depok
7. Tangerang: Carrefour Bintaro
8. Tangerang Selatan: Carrefour  Ciputat
9. Yogyakarta: Carrefour Maguwoharjo
10. Padang: Ramayana Plaza Andalas Jl Pemuda
11. Bandung: Paris Van Java Mall
12. Aceh: Pante Perak Pasaraya
13. Surabaya: Carrefour Dukuh Kupang No. 126 Surabaya 60225
14. Medan: Carrefour Plaza Medan Fair Jl Gatot Subroto
15. Semarang: Carrefour Srondol Semarang
16. Kudus: Ramayana Simpang Tujuh
17. Tegal: Pasific Mall
18. Purwokerto: Moro Grosir dan Ritel Purwokerto
19. Boyolali: Luwes Swalayan
20. Karanganyar: Hipermareket Jl Ahmad Sni 308 Surakarta
21. Bengkulu: Hypermart Bengkulu Indah Mall
22. Makassar: Carrefour Panakukang
23. Balikpapan: Hypermart Balikpapan
24. Bukittinggi: Ramayana Plaza Bukittinggi

yang unik : 

Odong-odong  mengantar BBY PKPU Cirebon

0 komentar:

Posting Komentar

Entri Populer Pekan Ini

Connect With Me

Google+ Badge

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat

Translate

Tulisan Terbaru

Arsip Blog

Berlangganan Artikel

Member of :