Search

Content

Sabtu, 10 September 2011

Mematangkan Persiapan Aksi Kemanusiaan, Tim PKPU Sharing dengan Zamzam Foundation



Catatan Perjalanan Tim PKPU ke Somalia (6)

Zamzam Foundation NGO Lokal yang memiliki reputasi dan kinerja sangat baik di Somalia
Mematangkan persiapan aksi kemanusiaan untuk membantu korban kelaparan di Somalia, Tim Kemanusiaan Indonesia “Aid For Somalia” PKPU melakukan sejumlah koordinasi dan sharing informasi dengan sejumlah NGO lokal dan internasional yang sudah masuk ke Somalia. 

Seperti dengan NGO Zamzam Foundation yang merupakan NGO Lokal tetapi memiliki reputasi dan kinerja sangat baik di Somalia. Keberadaan mereka juga sangat diterima masyarakat baik oleh pemerintah maupun oleh pihak sipil bersenjata yang kini berperang melawan tentara pemerintahannya.

Pembicaraan intensif dalam suasana persaudaraan tercipta dalam komunikasi langsung antara tim PKPU yang dipimpin oleh Direktur Pendayagunaan Tomy Hendrajati dengan pimpinan Zamzam yang berpusat di Nairobi Kenya, Hasan.  Banyak informasi diberikan oleh Hasan kepada PKPU baik mengenai situasi terakhir di Ibukota Somalia Mogadishu, termasuk di Dadaab, kamp pengungsian yang akan menjadi tujuan Tim Kemanusiaan PKPU yang terletak di perbatasan Somalia dengan Kenya.

Kerjasama dengan NGO lokal ini sangat diperlukan karena situasi dan kondisi di Somalia saat ini, terutama masalah keamanan sangat penting diperhitungkan karena kekerasan sangat rentan terjadi. Hal ini tidak lepas dari rentetan konflik perang saudara dan ditambah lagi dengan kondisi psikologis masyarakat Somalia yang dihimpit masalah kelaparan membuat suasana semula tenang bisa berubah menjadi kekacauan.

Hasan, pria mudah senyum ini sangat akomodatif dan senang dengan kedatangan tim PKPU  dengan tujuan mulia membantu saudara-saudara mereka di Somalia. Berbagai informasi yang diperlukan diberikan kepada PKPU, termasuk mengenai jalur aman menuju kamp pengungsian Dadaab dan Mogadishu, tempat pembelian logistik bantuan yang terjamin dan cara-cara membawa bantuan masuk ke areal pengungsian. 

Menurutnya, saat ini rakyat Somalia selain membutuhkan penanganan kesehatan melalui tim medis yang minim, membutuhkan sejumlah barang kebutuhan pokok seperti gula, tepung, minyak dan beras. Beras merupakan makanan pilihan kedua di Somalia setelah Jagung karenaharganya terbilang selangit bagi orang Somalia.

Dalam perbincangannya dengan Zamzam Foundation, Tomy Hendrajati mengungkapkan dengan adanya informasi itu diharapkan bantuan akan lebih tepat sasaran dan terdistribusi dengan baik. “Sebab di tengah suasana keamanan yang tidak dapat diprediksi ini, lembaga lokal sangat berperan. Keberadaan mereka sekaligus menjadi solusi pintu masuk ke wilayah bencana yang diselingi konflik bersenjata yang tidak mengenal kawan dan lawan,” kata Tomy.

:: Laporan Elfiyon Julinit, Tim Kemanusiaan Indonesia "Aid For Somalia" PKPU dari Nairobi, Kenya
:: www.pkpu.or.id

1 komentar:

jantung bocor says:
at: 17 Februari 2013 20.12 mengatakan...

info yang sangat bermanfaat sekali, sukses selalu sob

Posting Komentar

Entri Populer Pekan Ini

Connect With Me

Google+ Badge

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat

Translate

Tulisan Terbaru

Arsip Blog

Berlangganan Artikel

Member of :