Search

Content

Rabu, 17 Oktober 2012

Musim Mangga Telah Tiba



Musim mangga tiba, ditandai berderetnya penjual buah musiman yang mangkal ditrotoar. Biasanya mereka menjual buah sesuai musim, sepertinya kemarin baru musim duku. Saya dapati dibeberapa jalan besar maupun jalan kota, dipinggirannya dapat dengan mudah menemui penjual mangga ini, dengan tulisan harga yang cukup besar membuat tertarik yang melihatnya, mulai dari Rp 3.000 - Rp 7.000 , biasanya yang harga tiga ribuan kecil dan jenis mangganya manalagi, mangga manalagi ini sudah manis walaupun masih mentah. Harga mangga Harumanis ada dikisaran mulai Rp 5.000an , murah bukan ?

Tips Memilih Mangga

Sebelum memutuskan membeli, kita niatkan dulu nih, mangganya mau dimakan langsung atau untuk juice. Kalau untuk yang dimakan langsung memang enaknya mangga yang manis, segar dan harum kemudian seratnya sedikit. Pilihan kita biasanya jatuh pada mangga harumanis, rasanya manis, baunya harum dan seratnya hampir tidak ada. selain itu juga mangga golek, mangga dengan ukuran cukup besar ini juga dengan buah memanjang mirip boneka (golek) juga manis namun sedikit berserat. Untuk memilih mangga, cukup anda  cium baunya, kemudian ditimang dan diraba sambil sedikit di penyet, jika terlalu lunak berarti mangganya terlalu matang, pilih tingkat kelunakan sesuai selera, dilihat juga apakah ada bekas memar dan bintik atau tidak.

Jika anda ingin menikmati mangga dalam bentuk juice, saya rasa tingkat kemanisan tidak menjadi masalah, bahkan kadang ada yang sengaja memilih mangga yang sedikit masam untuk menambah kesegaran minuman juice mangga. Silahkan lihat jenis mangga pada tulisan selanjutnya.

Jenis Mangga

Indonesia menjadi seperti surga buah tropis, salah satunya mangga ini, banyak sekali ragam dan jenisnya saya batasi tulisan ini pada jenis mangga yang biasa kita dapati dipasaran.

Mangga Harumanis


Mangga ini berasal dari daerah Probolinggo, Jawa Timur  merupakan salah satu varietas unggul yang telah dilepas oleh Menteri Pertanian. Disebut arumanis karena baunya harum (arum) dan rasanya manis. Mangga ini sangat mudah kita dapati di pasaran dan menjadi favorit penggemar mangga. Mangga ini biasanya berbunga pada bulan Juli-Agustus dan sudah bisa dipanen pada bulan September-November. Buahnya berbentuk jorong, berparuh sedikit, dan ujungnya meruncing. Buah yang telah tua berkulit hijau tua tertutup lapisan lilin sehingga warnanya seperti hijau kelabu. Pada buah yang sudah masak, pangkalnya berwarna hijau kekuningan.

Mangga Manalagi

Mangga dengan ukuran cukup keci, sekitar 7 cm ini juga diminati karena rasanya yang manis, bahkan dalam kondisi mentahpun rasanya sudah cukup manis. Aromanya tidak begitu tajam, berair dan idak berserat.

Mangga Golek

Buah mangga ini bentuknya panjang, ujungnya meruncing, dan tak berparuh. Warna buah muda hijau, sedangkan yang tua berwarna kuning pada pangkalnya dan kehijauan pada ujungnya. Kulit tidak begitu tebal, halus, dan terdapat bintikbintik kelenjar yang berwarna putih kehijauan dan berubah menjadi cokelat setelah buah tua. Dagirig buah tebal, berwarna kuning tua, lunak, tak berserat, dan jika diiris tidak banyak mengeluarkan air. Rasanya sangat manis dan aromanya harum tajam. Panjang buahnya 17 cm dengan berat kurang lebih 500 g. 

Mangga-mangga ini masih ada jenis turunannya dan ada masih banyak jenis mangga yang lain. Subhanallah, begitu indah memang ciptaan tuhan ini. Untuk lebih lengkapnya silahkan lihat di situs berikut http://www.mangga.info




0 komentar:

Posting Komentar

Entri Populer Pekan Ini

Connect With Me

Google+ Badge

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Sahabat

Translate

Tulisan Terbaru

Arsip Blog

Berlangganan Artikel

Member of :